• Kontak Kami
  • Hotline : 0857 82 666 752
  • SMS : 0857 82 666 752
  • BBM : Tidak Pakai

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 06.30 s/d jam 17.00 , Sabtu, Ahad & Libur Nasional - Konfirmasi Tlp
Beranda » Up Date » Keperibadian dan Gaya Hidup dalam Perilaku Konsumen

Keperibadian dan Gaya Hidup dalam Perilaku Konsumen

Diposting pada 30 Oktober 2018 oleh admin

Keperibadian dan Gaya Hidup menentukan keputusan pembelian

Bismillahi … Setiap manusia memiliki Keperibadian dan Gaya Hidup masing-masing. Ada yang di sebut boros ada juga yang dipangil irit. Masih membahas mengenai perilaku konsumen yang akan kita targetkan menjadi pembeli loyal. maka kita perlu membahas mengenai live style & kepribadian dari konsumen.

Kepribadian adalah karakteristik psikologis seseorang yang menentukan dan merefleksikan bagaimana seseorang merespon lingkungannya. (Schiffman & Kanuk , 2000). Berdasarkan definisi ini maka Nampak bahwa yang ditekankan adalah karakter-karakter internal. Termasuk didalamnya berbagai atribut, sifat, tindakan yang membedakannya dengan orang lain.

Secara praktis konsep Keperibadian dan Gaya Hidup dapat didifinisikan sebagai seperangkat pola perasaan. Pemikiran dan perilaku yang unik yang menjadi standar respon konsumen untuk berbagai situasi. Pola ini memiliki beberapa ciri khas yaitu ;

  1. Mencerminkan perbedaan individu : Oleh karena kepribadian merupakan kombinasi pemikiran, perasaan dan perilaku. Maka kepribadian seseorang tidak akan pernah sama dengan yang lain sekalipun anak kembar. Bagi manajer pemasaran, kepribadian dapat digunakan sebagai acuan untuk membagi pasar dalam beberapa kelompok.
  2. Konsisten : Pola tersebut memiliki keteraturan dan keseragaman perilaku. Intinya seseorang bertindak dengan cara yang sama untuk berbagai situasi yang berbeda. Meskipun kepribadian bersifat jangka panjang. Namun perilaku yang nampak dapat berfariasi karena adanya pengaruh lingkungan, social budaya, psokologis dan situasional.
  3. Psikologis dan Fisiologis : Kepribadian adalah konsep psikologis, namun para peneliti berpendapat bahwa kepribadian juga dipengaruhi oleh proses biologis dan kebutuhan manusia.
  4. Akibat dari perilaku : Kepribadian tidak saja mempengaruhi bagaimana cara konsumen bertindak dan merespon lingkungan tetapi juga cara mana yang digunakan.
  5. Kepribadian dapat berubah : Dalam beberapa situasi yang signifikan kepribadian dapat berubah. Seorang perempuan yang baru melahirkan anaknya akan mengalami perubahan kepribadian dari seorang gadis menjadi seorang ibu.
  6. Kepribadian berinteraksi dengan situasi : Misalnya dalam situasi pembelian (pemenuhan kebutuhan), orang yang dogmatic tidak akan seberani orang yang inovatif dalam membeli produk baru. Sampai sekarang masih ada juga orang yang fanatic pada produk dari Negara tertentu.

Keperibadian dan Gaya Hidup Dalam Teori

Dilihat dari sudut pandang pemasaran, minat terhadap kepribadian terutama adalah untuk melihat bagaimana kepribadian konsumen mempengaruhi perilakunya. Pertanyan-pertanyaan yang menantang antara lain apakah pasar dapat disegmentasi atas dasar kepribadian? Apakah ada kaitan kepribadian dengan brand yang digunakan seseorang? Bagaimana kaitan antara kepribadian seseorang dengan kesediannya untuk mencoba sesuatu produk baru. Atau kesediannya untuk mencoba produk luar negeri?

Begitu pula dengan bagaimana kaitan kepribadian seseorang dengan pilihannya untuk berbelanja di toko tertentu. Jadi pemahaman terhadap kepribadian akan membantu memahami perilaku konsumen. Ciri-ciri kepribadian membedakan antara konsumen yang inovatif dan yang tidak inovatif (Schiffman dan Kanuk, 2000), termasuk disini ciri kepribadian yang dogmatis.

Orang dengan dogmatis tinggi, sulit menerima sesuatu yang baru karena keyakinan orang ini terhadap sesuatu yang sudah diketahuinya sangat kuat. Untuk mempengaruhinya, harus digunakan figure yang berkuasa, seperti selebriti dan tokoh-tokoh masyarakat yang dikagumi. Sebaliknya, orang dengan dogmatism rendah, lebih bisa menerima sesuatu yang baru. Mereka lebih bisa dipengaruhi dengan informasi produk yang menekankan pada perbedaan dengan produk lain secara faktual, dan juga informasi tentang kegunaan produk.

Karateristik Kepribadian yang mempengaruhi perilaku konsumen. Faktor – faktor kepribadian, meliputi :

  • Umur dan tata siklus hidup
  • Pekerjaan
  • Situasi ekonomi
  • Gaya hidup
  • Kepribadian dan konsep diri

Setidaknya kita sudah tau bagaimana kepribadia-kepribadian konsumen dalam memutuskan pembelian. Kini coba kita bahas sekilas mengenain gaya hidup yang menentukan proses pengambilan keputusan konsumen. Gaya hidup hanyalah salah satu cara mengelompokkan konsumen secara psikografis. Gaya hidup pada prinsipnya adalah bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya.

Masih banyak yang akan kita bahas mengani Gaya hidup Seoran Konsumen. Tetap pada artikel ini di Besok hari ya…

Jakarta 29 Oktober 2018 ( 20 Safar 1440 )

Jazzakumullahu Khoiran.

Bagikan informasi tentang Keperibadian dan Gaya Hidup dalam Perilaku Konsumen kepada teman atau kerabat Anda.

Keperibadian dan Gaya Hidup dalam Perilaku Konsumen | Toko Online Muslim Ind

Belum ada komentar untuk Keperibadian dan Gaya Hidup dalam Perilaku Konsumen

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 12%
Rp 29.500.000 Rp 33.500.000
Ready Stock / RFCU-40GP
Limited Edition
OFF 11%
Rp 40.000 Rp 45.000
Ready Stock / SNS-09
Limited Edition
OFF 22%
Rp 35.000 Rp 45.000
Pre Order / SNS-10
SIDEBAR